blogkoding cineblog scscrc123 indoblog PENGONTROL PEMINDAH RODA GIGI - BELAJAR OTOMOTIF
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGONTROL PEMINDAH RODA GIGI

PENGONTROL PEMINDAH RODA GIGI

Mekanisme pengoperasian transmisi, berfungsi untuk menyediakan hubungan antara pengemudi denganbekerjanya transmisi. Sehingga mekanisme pengoperasian merupakan sarana untuk mengendalikan bekerjanyatransmisi oleh pengemudi. Dengan demikian pengemudidapat memilih gigi kecepatan yang dianggap sesuai dengan kondisi kecepatan dan beban kendaraan.

Mekanisme pengontrol roda gigi digunakan untuk pemindahan posisi roda gigi pada transmisi manual.
Ada dua tipe mekanisme pengontrol pemindah roda gigi yaitu :
1. Tipe remote control ( tidak langsung ).
2. Tipe direct control (lansung ).



Tipe pengontrol tidak langsung (remote control).

Pada tipe ini transmisi terpisah dari tuas pemindah yang dioperasikan oleh pengemudi. Dua bagian ini dihubungkan oleh tangkai, kabel-kabel dan sebagainya.Tuas pemindah terletak distering coloum, pada beberapa kendaraan tipe FR atau terletak pada lantai terdapat pada kenddaraan tipe FF. Untuk mencegah getaran dan bunyi mesin langsung ke tuas pemindah, maka digunakan insulator-insulator karet.

a. Tipe Coloum Shift.

Gambar 1, Tipe pengontrol tidak langsung tipe coloumn shift


 b. Tipe Floor Shift

Tipe floor shift, tuas pemindah roda gigi terletak diatas lantai kendaraan dan dihubungkan ke transmisi melalui tangkai dan kabel – kabel baja.


Gambar 2, Tipe pengontrol tidak langsung tipe floor shift


Tipe Pengontrol Langsung (direct control).

Pada mekanisme pengontrol pemindah gigi tipe ini, tuas pemindsah terletak langsung pada transmisi. Tipe ini umumnya di gunakan pada kendaraan tipe FR (Front Engine Rear Drive) dan mempunyai keuntungan jika dibanding tipe remote control yaitu :

1. Posisi pemindah dapat diketahui lebih mudah.
2. Pemindah lebih cepat
3. Pemindah lebih lembut dan mudah.



Gambar 3, Tipe pengontrol langsung

Perhatikan gambar 3, Kalau tuas pemindah didorong penuh ke kiri oleh pengemudi, maka lengan selektor akan berada pada tuas garpu gigi 1 dan 2. pada posisi ini bila pengemudi mendorong  kedepan , berarti  lengen selector menarik tuas garpu gigi 1 dan 2 dan membawa synchronmesh masuk ke posisi gigi 1. Sebaliknya bila menarik tuas pemindah kebelakang berarti mendorong tuas garpu gigi 1 dan 2 dan membawa synchronmesh masuk ke posisi gigi 2.

Kalau tuas pemindah dilepas oleh pengemudi, makatuas  pemindah akan berada ditengah danlengan selektor akan  berada pada tuas garpu gigi  3dan  4. pada posisi ini bila  pengemudi mendorong kedepan , berarti lengen selector menarik tuas garpu gigi  3  &  4dan  membawa  synchronmesh masuk ke posisi gigi  3. Sebaliknya bila menarik tuas pemindah kebelakang berarti mendorong tuas garpu gigi  3  &  4dan membawa synchronmesh masuk  ke posisi gigi  4.


Kalau tuas pemindah ditarik penuh ke kanan oleh pengemudi, maka lengan selektor akan berada pada tuas  garpu mundur. pada posisi ini bila pengemudi menarik tuas  pemindah kebelakang berarti mendorong tuas garpu mundur dan mem-bawa roda gigi masuk ke posisi gigi mundur.

Posting Komentar untuk "PENGONTROL PEMINDAH RODA GIGI"