PENGONTROL PEMINDAH RODA GIGI
PENGONTROL PEMINDAH RODA GIGI
Mekanisme pengoperasian transmisi, berfungsi untuk menyediakan
hubungan antara pengemudi denganbekerjanya transmisi. Sehingga mekanisme
pengoperasian merupakan sarana untuk mengendalikan bekerjanyatransmisi oleh
pengemudi. Dengan demikian pengemudidapat memilih gigi kecepatan yang dianggap
sesuai dengan kondisi kecepatan dan beban kendaraan.
Mekanisme pengontrol roda gigi digunakan untuk pemindahan posisi roda gigi pada transmisi manual.
Ada dua tipe mekanisme pengontrol pemindah roda gigi yaitu :
1. Tipe remote control ( tidak langsung ).
2. Tipe direct control (lansung ).
Mekanisme pengontrol roda gigi digunakan untuk pemindahan posisi roda gigi pada transmisi manual.
Ada dua tipe mekanisme pengontrol pemindah roda gigi yaitu :
1. Tipe remote control ( tidak langsung ).
2. Tipe direct control (lansung ).
Tipe pengontrol tidak langsung (remote control).
Pada tipe ini transmisi terpisah dari tuas pemindah yang
dioperasikan oleh pengemudi. Dua bagian ini dihubungkan oleh tangkai,
kabel-kabel dan sebagainya.Tuas pemindah terletak distering coloum, pada beberapa kendaraan tipe FR atau
terletak pada lantai terdapat pada kenddaraan tipe FF. Untuk mencegah getaran
dan bunyi mesin langsung ke tuas pemindah, maka digunakan insulator-insulator
karet.
a. Tipe
Coloum Shift.
b. Tipe Floor Shift
Tipe floor shift, tuas pemindah roda gigi terletak diatas lantai
kendaraan dan dihubungkan ke transmisi melalui tangkai dan kabel – kabel baja.
Tipe Pengontrol Langsung (direct control).
Pada mekanisme pengontrol pemindah gigi tipe ini, tuas pemindsah
terletak langsung pada transmisi. Tipe ini umumnya di gunakan pada kendaraan
tipe FR (Front Engine Rear
Drive) dan mempunyai keuntungan jika dibanding tipe remote
control yaitu :
1. Posisi pemindah dapat diketahui lebih mudah.
2. Pemindah lebih cepat
3. Pemindah lebih lembut dan mudah.
Posting Komentar untuk "PENGONTROL PEMINDAH RODA GIGI"